Salah
satu upaya yang bisa dilakukan dalam rangka mengetahui dan mengukur pelayanan publik
yang ada sudah berjalan sebagaimana yang semestinya adalah dengan melakukan survey.
Sehingga bila ditemukan ketidaksingkronan dalam fasilitas pelayanan yang
diterima masyarakat, akan dapat dilakukan langkah-langkah perbaikan. Untuk itu
dengan melakukan Survey Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan yang
diberikan unit layanan pemerintah diharapkan akan dapat mengukur tingkat
kepuasan masyarakat terhadap pengguna
pelayanan.
Berikut
ini adalah hasil Survey Kepuasan Masyarakat pada Kecamatan Banjarmasin Utara
dan Kelurahan se-Kecamatan Banjarmasin Utara Tahun 2021 yang merupakan hasil kerjasama
Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin dengan Sekolah Tinggi
Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin.
Hasil
Surey Kepuasan Masyarakat ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Kecamatan
Banjarmasin Utara untuk terus berusaha mempertahankan dan meningkatkan kualitas
pelayanan publik sekaligus menyusun rencana aksi pada indikator yang masih
kurang baik.
Penilaian Pelayanan Kecamatan
Banjarmasin Utara
No. |
Unsur Pelayanan |
Nilai |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
0.444 |
2 |
Prosedur Pelayanan |
0.444 |
3 |
Kecapatan Waktu |
0.444 |
4 |
Biaya/Tarif |
0.422 |
5 |
Produk/Standar Pelayanan |
0.444 |
6 |
Kompetensi Petugas |
0.422 |
7 |
Perilaku Petugas |
0.407 |
8 |
Penanganan, Pengaduan |
0.422 |
9 |
Kualitas Sarana dan Prasarana |
0.444 |
Tertimbang/Unsur |
3.892 |
|
Nilai IKM |
97.31 |
|
Nilai Mutu Pelayanan |
A ( Sangat Baik ) |
Data diolah,
Tahun 2021
Penilaian Pelayanan Lingkup Kelurahan se-Kecamatan
Banjarmasin Utara
No. |
Kelurahan |
Nilai IKM |
Nilai Mutu Pelayanan |
1 |
Kelurahan Alalak Tengah |
97.31 |
A ( Sangat Baik
) |
2 |
Kelurahan Alalak Utara |
96.94 |
A ( Sangat Baik
) |
3 |
Kelurahan Alalak Selatan |
81.40 |
B ( Baik ) |
4 |
Kelurahan Sungai Jingah |
97.13 |
A ( Sangat Baik
) |
5 |
Kelurahan Sungai Miai |
89.36 |
A ( Sangat Baik
) |
6 |
Kelurahan Sungai Andai |
97.31 |
A ( Sangat Baik
) |
7 |
Kelurahan Surgi Mufti |
98.98 |
A ( Sangat Baik
) |
8 |
Kelurahan Pangeran |
97.50 |
A ( Sangat Baik
) |
9 |
Kelurahan Kuin Utara |
98.79 |
A ( Sangat Baik
) |
10 |
Kelurahan AKT |
90.10 |
A ( Sangat Baik
) |
Data diolah,
Tahun 2021